Informasi Seputar Wisata Unik di Floating Market Lembang

Floating Market Lembang merupakan tempat wisata di Lembang, Bandung yang banyak menarik perhatian wisatawan karena fitur unik yang dimilik tempat wisata tersebut. Sebagai daerah dengan dataran tinggi, Lembang memiliki banyak tujuan wisata yang menawarkan pesona alam dan fitur tempat wisata yang menarik. Biasanya tempat wisata di Lembang menggabungkan konsep alam dan buatan untuk menawarkan wahana unik dan fasilitas wisata untuk para wisatawan yang datang.

Sebagai salah satu tempat wisata yang memiliki fitur unik, Floating Market di Lembang menawarkan fitur unik yang lain dari tempat wisata lainnya. Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan wisata air saja. Banyak wahana yang dapat anda gunakan untuk mengisi waktu liburan anda di sini. Tempat wisata ini memiliki berbagai wahana wisata yang unik dan tidak dapat ditemukan di tempat wisata lain. Wahana wisata yang ditawarkan di wisata taman pasar apung inimenggabungkan konsep alami dan buatan yang pastinya akan membuat anda terpesona.

Apabila anda ingin mengunjungi tempat wisata yang menawarkan berbagai wahana wisata dengan pesona yang berbeda, anda dapat berkunjung ke Floating Market Lembang. Layaknya tempat wisata di Bandung, seperti Dusun Bambu dan Dago Dream Park, wisata taman pasar apung ini memiliki beragam wahana wisata yang memiliki fitur alami dan buatan khas. Ciri khas wisata Bandung sangat terlihat di tempat wisata keluarga ini.

Tempat wisata di Bandung pastinya memiliki pemandangan alam yang indah. Banyak tempat wisata di Bandung yang tidak hanya menawarkan wisata yang seru tetapi juga pemandangan alam yang masih asri. Salah satu daerah dengan tempat wisata yang memiliki fitur unik di Bandung adalah Lembang. Floating Market yang terletak di Lembang pun memiliki fitur pemandangan alam yang indah serta keunikan wahana yang ditawarkan setiap tempat wisata tersendiri.

Informasi Seputar Floating Market Lembang, Bandung

Floating Market Lembang
Floating Market Lembang

Meskipun bernama Floating Market, tempat wisata di Bandung ini memiliki wahana wisata yang lebih dari sekedar wisata air. Meskipun pemandangan alam yang asri menjadi fitur utama dari tempat wisata yang tepatnya berada di Lembang ini, wahana wisata yang dapat anda nikmati di sini menawarkan keseruan yang lain. Pemandangan alam yang ada di area tempat wisata ini dikemas dengan apik dengan wahana yang tertata rapi.

Sama seperti Dusun Bambu, wisata taman pasar apung di Lembang ini langsung mendapat popularitas yang tinggi dibandingkan tempat wisata lain yang sudah beroperasi lebih lama. Fitur unik tempat wisata ini membuat banyak wisatawan datang untuk mengunjungi tempat wisata yang baru beroperasi ini. Dengan adanya Floating Market Lembang, wisata di Lembang menjadi lebih berkembang dari sebelumnya.

Wisata Floating Market Lembang

Wisata Floating Market Lembang
Wisata Floating Market Lembang

Tempat wisata seperti Floating Market memang terbilang unik dan lain dari tempat wisata lain di Lembang. Seperti tempat wisata lain di Bandung yang menawarkan fitur wisata keluarga, Floating Market dapat menjadi tujuan wisata anda dan rombongan keluarga pada waktu liburan tiba. Di tempat wisata ini, anda dapat menikmati pemandangan alam Lembang di dalam kawasan wisata yang tertata rapi.

Selain wisata alam yang ditawarkan oleh Floating Market Lembang, banyak juga wahana wisata lain yang dapat membuat buah hati anda senang. Anda juga dapat menikmati wisata kuliner yang dapat mengisi perut lapar anda seusai bermain di beberapa wahana wisata yang ditawarkan di tempat wisata ini.

Dikarenakan lahan tempat wisata yang luas, maka tidak heran jika banyak pengunjung yang menikmati wisata kuliner di beberapa waktu tertentu. Untuk memberikan pengalaman kuliner yang berbeda, Floating Market Lembang menawarkan wisata belanja kuliner yang berada di atas perahu. Meskipun desain pasar apungnya tidak persis seperti pasar terapung Lok Baintan atau Muara Kuin di Kalimantan yang terkenal akan keunikannya, anda dapat merasakan wisata yang berbeda di daerah Lembang ini. Sistem yang diterapkan di pasar apung yang ada di tempat wisata ini hanya meliputi penjualan makanan saja. Anda diperkenankan untuk kembali ke darat dengan membawa makanan yang sudah anda beli untuk menikmatinya.

Jika anda ingin segera menyantap makanan tanpa melakukan proses pembelian di pasar apung, anda dapat langsung mengunjungi cafe dan tempat makan yang ada di Floating Market Lembang. Cafe dan tempat makan yang ada di area tempat wisata ini memiliki pemandangan alam yang indah dan asri. Anda dapat menikmati hidangan yang ditawarkan di cafe dan tempat makanan di area wisata ini sembari ditemani suasana alam yang asri, hijau, dan indah. Udara yang segar juga dapat membuat anda betah menyantap hidangan hangat yang disediakan di tempat wisata ini.

Pembayaran di Floating Market Lembang ini memiliki sistem khusus. Sistem pembayaran untuk kuliner yang ada di tempat wisata ini dilakukan dengan koin yang memiliki currency tertentu. Koin-koin khusus yang ada di tempat wisata ini hanya berlaku untuk membeli menu makanan yang ada di pasar apung ataupun di cafe di kawasan tempat wisata ini. Apabila koin anda kurang, anda dapat membeli koin tambahan yang disediakan di area tertentu di Floating Market.

Ragam Wisata di Floating Market Lembang

Fitur Floating Market Lembang
Fitur Floating Market Lembang

Wisata di Lembang umumnya terdiri dari wisata alam dan edukasi. Namun banyak juga tempat wisata yang menyajikan variasi wisata yang berbeda dari wisata alam biasanya. Meskipun pemandangan alam di Lembang terbilang masih hijau dan alami, beberapa tempat wisata menawarkan wisata alam dengan kemasan yang berbeda. Hal ini menjadikan salah satu tempat wisata alam keluarga, yaitu Floating Market, menjadi salah satu tujuan wisata populer di Lembang, Bandung.

Beberapa ragam wisata yang dapat anda kunjungi di tempat wisata keluarga ini adalah sebagai berikut:

Wisata Alam Lembang

Lembang merupakan daerah dataran tinggi yang berada di bagian utara Bandung. Banyak tempat wisata di daerah ini yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Dengan ketinggian sekitar 1.000 hingga 2.000 dari permukaan air laut, beberapa tempat wisata di Lembang layak menjadi tujuan utama liburan anda.

Di Lembang, anda dapat menikmati suasana sejuk pegunungan dan udara sejuk yang jarang anda dapatkan di pusat kota-kota besar saat ini. Tidak mengherankan jika banyak wisatawan dari luar kota, utamanya Jakarta, yang bepergian menuju Lembang untuk menikmati wisata alamnya. Dengan mengunjungi wisata alam di Lembang, yang dikemas apik salah satunya oleh Floating Market Lembang, anda dapat menikmati suasana pegunungan yang dingin dan damai.

Wisata Alam di Area Floating Market Lembang

Beberapa wisata alam yang dapat anda temui di Lembang dikemas dalam berbagai macam packaging. Terdapat beberapa tempat wisata yang menyajikan wisata alam dengan kondisi area yang masih sangat alami. Ada juga tempat wisata yang mengemas produk wisata alam dengan menggabungkannya dengan fitur menarik. Wisata alam seperti Gunung Tangkuban Perahu dan Pemandian Air Panas Ciater dapat menjadi tujuan anda jika anda menginginkan wisata alam yang benar-benar alami. Apabila anda ingin berkunjung ke kawasan wisata yang menawarkan pemandangan asri dengan wahana bermain seru, anda dapat berkunjung ke The Lodge, Dago Dream Park, dan beberapa tempat wisata buatan lainnya.

Objek Wisata Lembang yang Menarik untuk Dikunjungi

Beberapa tempat wisata di Lembang, Bandung mengusung konsep yang belum dapat ditemukan di daerah lain. Dataran tinggi Lembang menjadi lahan yang menarik bagi para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Salah satu tempat wisata unik yang dapat anda kunjungi di Lembang adalah Floating Market yang menggabungkan wisata alam, belanja, dan edukasi dalam satu kawasan wisata. Di area Pasar Terapung, anda dapat membeli makanan khas Bandung yang dijajakan oleh para pedagang layaknya di pasar apung yang ada di Bangkok, Thailand, maupun Vietnam. Hal yang berbeda dari pasar apung ini hanya currency yang harus anda gunakan untuk membeli makanan dan minuman yang dijajakan.

Wisata Kuliner di Area Floating Market Lembang

Bagi anda yang ingin menikmati masakah khas Sunda dan makanan unik lainnya, anda dapat mengunjungi Rumah Makan Khas Sunda, Cafe Taman Kardus Bandung, Kampung Daun, Burgundy atau Dusun Bambu Family Leisure Resort, dan banyak tempat wisata kuliner unik lainnya. Apabila anda mengunjungi Floating Market Lembang, semua macam kuliner yang ditawarkan di beberapa tempat wisata kuliner terkenal tersebut dapat anda temui. Baik masakan Indonesia, Asia, maupun Eropa, tempat wisata ini menyediakan ragam kuliner yang tentunya dapat membuat anda kewalahan dalam memilih.

Wisata Edukasi dan Keluarga di Floating Market Lembang

Banyak wisata edukasi dan keluarga yang ada di Lembang, namun anda dapat menikmati wisata edukasi untuk keluarga yang simple di Floating Market Lembang. Di tempat wisata ini, anda dapat mengunjungi wahana permainan yang dikemas secara unik. Meskipun permainan merupakan fitur utama di sini, pemandangan asri alam tidak ketinggalan dalam melengkapi pengalaman wisata Lembang bagi anda dan buah hati.

Wisata Air di Floating Market Lembang

Nama Floating Market sendiri identik dengan wisata air. Maka dari itu, tidak lengkap jika anda tidak mengunjungi wisata air yang ada di tempat wisata ini. Bagi anda yang ingin berenang bersama dengan anak-anak dan keluarga anda, Floating Market menyediakan kolam renang dengan berbagai macam fitur untuk memberikan anda pengalaman wisata air yang berbeda dari wisata air lainnya. Bagi anda yang memakai hijab, tempat wisata ini telah menyediakan Hijab Swimming Pool yang siap melayani anda menikmati wisata air di kawasan wisata pasar apung ini.

Para ibu yang berhijab dapat menikmati wisata air tanpa terganggu oleh anak-anak dan para bapak dengan tenang. Bagi anda yang ingin menikmati wisata air yang berbeda dengan wisata air biasanya, anda dapat mengunjungi wahana Kolam Renang Sky View. Wahana wisata air ini dibuat di atas floating market yang tentunya dapat memberikan anda pengalaman liburan yang berbeda.

Wisata Belanja di Area Floating Market Lembang

Di tempat wisata, seperti Floating Market, wisata belanja sudah sewajarnya mudah ditemukan. Wisata belanja yang dapat anda temukan di sini bermacam-macam. Dari wisata pasar apung yang menjajakan makanan unik hingga wisata belanja pernak-pernik yang tersedia di area tempat wisata ini. Selaras dengan konsep tradisional yang ditawarkan oleh tempat wisata ini, terdapat Pasar Tradisional yang menawarkan berbagai barang menarik khas Lembang. Selain itu, juga ada beberapa toko souvenir dan cinderamata yang menyediakan berbagai barang khas Bandung.

Sebagai kawasan wisata yang menyediakan berbagai macam jenis wisata, Floating Market Lembang dapat menjadi tempat wisata belanja yang anda butuhkan. Di tempat wisata ini, anda dapat membeli berbagai kerajinan kulit yang biasanya dapat juga anda temukan di sentra kerajinan kulit Cibaduyut, Pasar Baru Trade Centre, Factory Outlet, dan beberapa Mall di Bandung. Pastikan anda membeli barang unik dan khas dari Lembang maupun Bandung yang dapat anda temukan di tempat wisata ini. Dengan begitu, anda tidak perlu mengelilingi Bandung lagi untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga dan orang-orang terdekat.

Jadwal Operasi Floating Market Lembang

  • Senin – Jumat. Pukul 09.00 – 17.00 WIB
  • Sabtu – Minggu dan hari libur. Pukul 09.00 – 20.00 WIB
  • Alamat: Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
  • Nomor telepon: 022-2787766.

Rute Perjalanan Menuju Floating Market Lembang

Untuk menuju Floating Market Lembang, anda hanya perlu menelusuri area pusat kota Lembang. Pada hari biasa, jalur lintasan menuju tempat wisata tidak terlalu padat dengan kendaraan. Anda juga dapat melakukan perjalanan menuju lokasi dengan menggunakan rute alternatif. Rute perjalanan menuju wisata pasar apung di Lembang ini umumnya memiliki alur seperti di bawah ini:

  • Menuju arah Lembang – putar balik ke arah Bandung – lewati Masjid Agung Lembang dan Pasar Lembang – lanjutkan ke pertigaan ke arah Bandung.
  • Anda dapat menggunakan angkutan umum dari Stasiun Hall Bandung menuju Lembang.

Wahana Menarik di Floating Market Lembang

Wahana Menarik di Floating Market Lembang
Wahana Menarik di Floating Market Lembang

Tempat wisata keluarga seperti Floating Market Lembang umumnya memiliki beragam wahana yang dapat anda kunjungi. Di setiap wahana yang ditawarkan, terdapat pengalaman unik yang dapat anda abadikan dalam momen berwisata bersama keluarga ataupun orang terdekat. Maka dari itu, sangat disayangkan jika anda tidak menggunakan kesempatan kunjungan ke tempat wisata ini untuk menikmati berbagai wahana hiburan yang ditawarkan. Untuk menikmati wisata di Floating Market Lembang, anda harus tahu wahana mana saja yang dapat anda kunjungi. Daftar wahana menarik di Floating Market Lembang adalah sebagai berikut:

Kota Mini

Salah satu wahana yang dapat anda kunjungi di Floating Market adalah Kota Mini. Wahana ini termasuk wahana baru yang ada di tempat wisata ini. Anda dapat melihat miniatur kota beserta sarana yang ada. Buah hati anda juga dapat mengikuti kegiatan menarik yang ditawarkan di Kota Mini.

Sewa Kostum Jepang dan Korea

Layaknya persewaan kostum di Dusun Bambu, Floating Market Lembang juga menyediakan wahana yang menyewakan kostum kimono maupun hanbok. Kostum yang anda sewa sudah lengkap dengan aksesoris dan sepatu. Anda dapat membayar untuk mengambil foto anda mengenakan kostum tersebut di photobooth yang tersedia. Selain itu, anda juga dapat mengambil foto di beberapa spot foto yang menarik di luar area persewaan kostum.

Rainbow Garden

Seperti namanya, Rainbow Garden menawarkan pemandangan taman yang berisi warna-warni pelangi. Warna pelangi yang dimaksud di sini adalah warna bunga-bunga cantik yang ada di taman bunga yang ada di kawasan Floating Market Lembang.

Wahana Permainan Air

Tempat wisata pasar apung tidak akan lengkap tanpa adanya wahana bermain air. Ada beberapa macam fasilitas yang dapat anda gunakan untuk menikmati wahana wisata air ini. Anda dapat menggunakan fasilitas kereta air, kano, sampan keluarga, paddle boat anak, dan sepeda air untuk menikmati wisata bermain air bersama keluarga anda.

Taman Kelinci

Ajak anak anda untuk lebih dekat dengan hewan. Di Taman Kelinci, anda dapat berinteraksi langsung dengan hewan lucu nan menggemaskan tersebut. Buah hati anda juga pastinya akan bersenang hati menghabiskan waktu dengan hewan mungil tersebut.

Miniatur Kereta Api

Bagi anda yang lebih suka dengan wahana yang menawarkan edukasi, anda dapat mengunjungi wahana Miniatur Kereta Api. Di tempat ini, anda dapat melihat miniatur trek kereta api beserta bangunan dan pemandangan kota.

Becak dan Mobil Mini

Bosan dengan wahana wisata yang itu-itu saja? Di Floating Market, anda dapat menggunakan fasilitas becak dan mobil mini untuk berkeliling area dan melepas penat anda. Becak dan mobil mini dapat menjadi pilihan anda untuk menikmati pemandangan alam sekitar tempat wisata ini dengan perspektif yang berbeda.

Harga Tiket Masuk dan Tiket Wahana Wisata di Floating Market Lembang

Untuk mengunjungi Floating Market Lembang, anda harus memiliki tiket masuk. Selain itu, anda harus membayar tiket untuk menikmati wahana wisata di dalam tempat wisata ini. Harga tiket masuk tempat wisata yang mengusung tema pasar apung ini adalah sebesar Rp 15.000,00 per orang untuk hari biasa. Pada akhir pekan atau hari libur, anda dapat membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000,00 per orang. Selain itu, anda juga harus membayar tiket parkir motor sebesar Rp 5.000,00 atau mobil sebesar Rp 10.000,00 di gerbang masuk. Di dalam area pasar apung, anda dapat menukarkan tiket masuk dengan berbagai macam minuman seperti millo, cocolatte, lemon tea, ataupun coffee latte.

Untuk tiket wahana wisata di dalam Floating Market Lembang, anda dapat melihat daftar di bawah ini:

  • Outbound anak: Rp 25.000,00
  • Kampung kandang: Rp 20.000,00
  • Mancing magnet: Rp 20.000,00
  • Becak dan mobil mini: Rp 20.000,00
  • Taman kelinci: Rp 20.000,00
  • Lokomotif mini: Rp 20.000,00
  • Taman miniatur kereta api: Rp 20.000,00
  • Kano untuk 2 orang: Rp 50.000,00 setiap 30 menit
  • Sampan keluarga untuk 4 orang: Rp 70.000,00 setiap 30 menit
  • Kereta air: Rp 20.000,00
  • Paddle boat  untuk 2 orang: Rp 20.000,00 setiap 20 menit
  • Sepeda air untuk 2 orang: Rp 50.000,00 setiap 30 menit

Terdapat juga wahana baru yang dapat anda kunjungi di Floating Market Lembang. Beberapa wahana baru ini memiliki fitur unik yang sayang jika dilewatkan. Tiket yang harus anda bayar untuk menikmati fitur wahana-wahana baru di tempat wisata unik ini adalah sebagai berikut:

  • Kota Mini: Rp 25.000,00 untuk satu kegiatan.
  • Sepeda listrik untuk berkeliling kota mini: Rp 35.000,00.
  • Sewa kostum kimono atau hanbok beserta aksesoris dan sepatu: Rp 75.000,00 per orang.
  • Rainbow garden: Rp 10.000,00.

Penginapan di Area Floating Market Lembang

Untuk menikmati wisata di Lembang dengan lebih dekat, anda dapat memesan kamar di salah satu penginapan yang ada di area Floating Market Lembang. Lokasi tempat wisata ini memang tidak sulit ditemukan. Oleh karena itu, banyak penginapan yang dapat anda pilih. Harga untuk per malam di beberapa penginapan yang ada di area Floating Market Lembang pun bervariasi. Pastikan anda memilih penginapan yang tepat dan sesuai dengan budget anda.

Anda dapat menggunakan aplikasi booking kamar hotel yang tersedia di layanan PlayStore. PIlih penginapan atau hotel yang terdekat dengan lokasi tempat wisata Lembang lain yang ingin anda kunjungi selain Floating Market. Setelah itu, anda dapat melunasi pembayaran kamar hotel atau penginapan yang telah anda pesan. Pada hari yang telah ditentukan, anda dapat langsung menggunakan kamar hotel atau penginapan yang sudah anda pesan dengan tenang.

Leave a Comment