Jadwal Kereta Api Stasiun Cirebon 2019

Jadwal Kereta Api Stasiun Cirebon – Menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan jauh saat ini sangat tidak disarankan karena banyaknya kemacetan di berbagai daerah dan volume kendaraan yang kian meningkat. Untuk melakukan perjalanan antar daerah, anda dapat menggunakan layanan kereta api yang ditawarkan oleh Stasiun Cirebon. Terdapat beberapa kereta api dengan rute perjalanan yang ditawarkan dan beroperasi setiap harinya. Stasiun Cirebon sendiri adalah salah satu tujuan pemberhentian bagi masyarakat yang ingin melakukan wisata ke daerah Jawa Barat, utamanya Cirebon dan Jatibarang hingga daerah Jabodetabek dan sekitarnya.

Perjalanan lintas daerah sekarang dapat dilakukan dengan mudah dengan adanya kereta api yang tersebar di berbagai daerah di Pulau Jawa. Di daerah Jawa Barat, pilihan transportasi umum, seperti kereta api, merupakan sarana yang dapat digunakan masyarakat dari berbagai lapisan. Selain harga yang terjangkau, menggunakan kereta api selama perjalanan jauh dapat menghindarkan anda dari kemacetan dan hiruk pikuk yang ada di jalan. Maka dari itu, sangat disarankan untuk bepergian ke luar kota, khususnya daerah di Jawa Barat, menggunakan kereta api daripada menggunakan mobil pribadi. Mulai saat ini, anda bisa beralih ke mode transportasi umum berupa kereta api untuk menikmati perjalanan jauh anda. Hal yang harus anda lakukan untuk memastikan perjalanan ini terlaksana adalah memastikan jadwal keberangkatan kereta api di Stasiun Cirebon pada hari yang sudah anda tentukan.

Banyaknya kota wisata di Jawa Barat menyebabkan tingginya volume kendaraan yang masuk dan keluar provinsi ini setiap harinya. Selain obyek wisata, Jawa Barat juga memiliki beberapa tempat yang terkenal akan kuliner dan industri rumahannya. Banyak bisnis furnitur yang juga berkembang di salah satu provinsi di Pulau Jawa ini. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menggunakan kereta api atau alat transportasi umum lain untuk bepergian ke daerah yang padat penduduk ini. Dalam hal ini, peran transportasi umum sangat penting untuk mengurangi kemacetan di jalan yang disebabkan banyaknya kendaraan pribadi masuk dan keluar Jawa Barat. Dengan adanya kereta api antar daerah, masyarakat di sekitar Jawa Barat dapat bepergian dengan nyaman dan aman tanpa kendala macet.

Stasiun Cirebon

Stasiun Cirebon
Stasiun Cirebon

Salah satu stasiun yang melayani pengoperasian kereta lintas daerah di Jawa Barat adalah Stasiun Cirebon. Jalur lintasan Cirebon memang terbilang sibuk dengan banyaknya kereta api yang beroperasi dengan tujuan Jakarta dan beberapa kota besar lain di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tidak heran jika banyak kereta yang lalu lalang melintasi Cirebon setiap harinya. Untuk itu, Stasiun Cirebon dibangun dengan tujuan memberikan fasilitas, tidak hanya bagi masyarakat Jakarta maupun kota besar lainnya untuk bepergian keluar provinsi, tetapi juga masyarakat Cirebon.

Perjalanan antar daerah di Pulau Jawa memang terbilang sangat padat dengan adanya banyak stasiun di berbagai wilayah yang bertugas untuk mengoperasikan kereta api setiap harinya. Saat ini, Stasiun Cirebon merupakan salah satu stasiun di Jawa yang beroperasi dengan kereta jarak jauh setiap harinya. Salah satu stasiun dengan jadwal yang padat di Jawa Barat ini berlokasi tepatnya di Jl. Siliwangi, Kelurahan Kebonbaru, Cirebon. Selain dikenal dengan nama daerahnya, stasiun ini juga dikenal dengan nama Stasiun Kejaksaan. Nama tersebut diambil dari nama kecamatan tempat Stasiun Cirebon berada. Tinggi Stasiun Cirebon adalah sekitar 4 m dari permukaan tanah. Stasiun yang beroperasi dengan jadwal kereta api yang cukup padat ini berada di bawah pengawasan Daerah Operasai (DAOP) III Kabupaten Cirebon.

Stasiun Cirebon beroperasi dengan lintasan yang ada di jalur utara. Namun, ada juga percabangan jalur yang mengarah ke Stasiun Purwokerto sehingga menghubungkan stasiun ini dengan jalur lintas selatan yang berada tepat di Stasiun Kroya. Hal ini menyebabkan kereta api yang menggunakan jalur utara dan jalur selatan melakukan pemberhentian secara rutin di stasiun ini. Pengecualian dilakukan hanya untuk kereta api ekonomi yang melakukan pemberhentian di Stasiun Prujakan dan bukan Stasiun Cirebon.

Pemeliharaan berkala masih dilakukan di Stasiun Cirebon sampai saat ini. Pada tahun 2011, Stasiun Cirebon mengalami perbaikan dengan ditinggikannya sisi peron yang ada di stasiun. Terdapat juga penambahan fasilitas dan jalur lintasan kereta di Stasiun Cirebon pada tahun yang sama. Stasiun Cirebon juga merupakan bangunan tua peninggalan jaman kolonial. Bangunan tua ini dibangun pada tahun 1920 oleh arsitek Pieter Adriaan. Fitur bangunan yang dapat dilihat saat ini memiliki gaya seni campuran nouveau dan seni deco. Hal ini membuat Stasiun Cirebon memiliki fitur unik yang lain daripada stasiun yang ada di Jawa Barat lainnya.

Layanan Pemesanan Tiket Kereta Api di Stasiun Cirebon

Layanan Stasiun Sudirman
Layanan Stasiun Sudirman

Sejak pertama dibangun dan diopersikan, Stasiun Cirebon memiliki sistem pemesanan tiket secara langsung di loket tiket yang tersedia. Terdapat dua menara yang bertuliskan CIREBON dan KAARTJES (karcis) pada sisi kiri yang dulunya beroperasi di stasiun ini. Pada bagian kanan menara, terdapat tulisan BAGAGE (bagasi). Pada tahun 1984, gedung bangunan stasiun tua ini kemudian berganti warna menjadi putih. Pemeliharaan bangunan tetap dilakukan sampai akhirnya dilaksanakan renovasi pada tahun 2011.

Harga tiket untuk kereta api di Stasiun Cirebon bervariasi berdasarkan kelas kereta api yang ditawarkan. Anda dapat melihat harga tiket yang tersedia untuk kereta api di Stasiun Cirebon dengan menggunakan aplikasi resmi dari PT KAI. Untuk tiket kereta api dari Cirebon menuju Indramayu, anda dapat mengeluarkan biaya sekitar Rp 90.000,00. Tiket untuk rute perjalanan dari Cirebon ke Karawang dihargai sekitar Rp 150.000,00. Harga tiket dari Cirebon ke Brebes adalah sekitar Rp 90.000,00. Tiket dari Cirebon ke Jakarta Timur dihargai sekitar Rp 90.000,00. Untuk tiket dari Cirebon ke Jakarta Pusat, anda dapat membayar tarif sejumlah Rp130.000.

Harga tiket yang ditawarkan untuk beberapa kereta api di Stasiun Cirebon dapat berubah sesuai dengan antusiasme penumpang dan rute perjalanan yang ditempuh oleh kereta. Beberapa kereta api yang dapat anda gunakan untuk melakukan perjalanan dari Stasiun Cirebon adalah Kereta Api HarinaArgo Lawu, Argo Sindoro, Sembrani, Bima, Gajayana, Argo Jati, Gumarang, dan beberapa kereta lainnya. Sebelum melakukan pemesanan, pastikan anda melihat jadwal tiket untuk hari keberangkatan yang anda tentukan.

Jadwal dan Rute Kerea Api Stasiun Cirebon

Jadwal Keberangkatan Kereta Api Argo Jati dengan Rute Stasiun Cirebon – Stasiun Gambir

No. Kereta Api 15

Stasiun  Kedatangan Keberangkatan
CIREBON 05.25
JATIBARANG 05.55 05.57
BEKASI 07.51 07.53
JATINEGARA 08.10 08.12
GAMBIR

No Kereta Api 17

Stasiun Kedatangan Keberangkatan
CIREBON 13.50
JATIBARANG 14.20 14.22
BEKASI 16.15 16.17
JATINEGARA 16.33 16.35
GAMBIR 16.49

No Kereta Api 39f

Stasiun Kedatangan Keberangkatan
CIREBON 11.00
JATIBARANG 11.31 11.34
JATINEGARA 13.42 13.44
GAMBIR 14.00

Jadwal Keberangkatan Kereta Api Cirebon Ekspres dengan Rute Stasiun Cirebon – Stasiun Gambir

No Kereta Api 67

Stasiun Kedatangan Keberangkatan
CIREBON 05.50
JATIBARANG 06.21 06.23
HAURGEULIS 06.54 06.56
CIKAMPEK 07.38 07.40
BEKASI 08.27 08.29
JATINEGARA 08.46 08.48
GAMBIR 09.05

No Kereta Api 69

Stasiun Kedatangan Keberangkatan
CIREBON 08.30
JATIBARANG 09.01 09.03
HAURGEULIS 09.34 09.36
BEKASI 11.01 11.03
JATINEGARA 11.20 11.22
GAMBIR 11.37

No Kereta Api 71f

Stasiun Kedatangan Keberangkatan
CIREBON 16.45
JATIBARANG 17.17 17.20
HAURGEULIS 17.51 17.54
BEKASI 19.20 19.22
JATINEGARA 19.38 19.40
GAMBIR 19.55

Leave a Comment