Jadwal Kereta Api Stasiun Gambir 2019

Jadwal Kereta Api Stasiun Gambir – Setiap kereta api antar daerah dengan tujuan Jakarta pasti sudah tidak asing dengan Stasiun Gambir. Di samping Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir merupakan stasiun pemberhentian kereta api yang ada di Jakarta. Stasiun yang beroprasi sejak 134 tahun yang lalu ini mengalami banyak renovasi. Pemberhentian terakhir bagi Kereta Argo Bromo Anggrek, Bangunkarta, Gajayana, Taksaka, dan beberapa kereta lain ini terletak di Jalan Medan Merdeka No. 1. Perannya sebagai stasiun pemberhentian kereta api antar daerah membuat stasiun ini menjadi salah satu stasiun kereta api terbesar di daerah Jakarta. Sebagai salah satu stasiun dengan jadwal keberangkatan yang padat, Stasiun Gambir beroperasi selama 24 jam. Rute perjalanan antar daerah yang disediakan oleh stasiun ini adalah rute perjalanan dari dan menuju Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Solo dan beberapa kota di Pulau Jawa.

Stasiun Gambir, yang juga sering disingkat dengan kode GMR ini, merupakan stasiun kereta api kelas besar yang beroperasi di Jakarta. Klasifikasi stasiun ini merupakan tipe A yang mengatur pelayanan kereta api antar daerah dan dalam kota dengan kapasitas yang besar. Letak stasiun ini tepatnya ada di daerah Gambir, Jakarta Pusat, di sebelah timur Monumen Nasional (Monas). Stasiun ini juga dihubungkan dengan akses jalan menuju Monas. Renovasi awal pada stasiun ini dilakukan pada tahun 1930-an. Dulunya, Stasiun Gambir bernama Stasiun Koningsplein. Setelah itu, renovasi besar dilakukan pada stasiun tersebut pada tahun 1990-an. Stasiun ini pun menjadi stasiun jalur layang setelahnya. Dengan ketinggian lebih dari 16 meter, Stasiun Gambir termasuk dalam salah satu stasiun paling sibuk di Jakarta dan daerah Jawa. Stasiun Gambir termasuk dalam pengawasan Daerah Operasi I Jakarta. Fasilitas yang disediakan untuk kereta api di stasiun ini sesuai standar stasiun besar di Indonesia, yaitu empat jalur kereta api dengan jalur 2 dan 3 untuk kereta lurus.

Seperti halnya stasiun yang melayani perjalanan antar provinsi, Stasiun Gambir mengoperasikan beberapa kereta api dengan berbagai kelas. Dari stasiun ini, anda dapat memesan tiket untuk kereta api kelas eksekutif dan campuran untuk tujuan pemberhentian beberapa kota yang ada di Pulau Jawa. Terhitung sejak tahun 2012, Stasiun Gambir sudah berhenti melayanai tiket untuk KRL Commuter Line. Bagi anda yang ingin melakukan perjalanan dengan kereta api kelas ekonomi, bisnis, dan KRL, anda dapat memesan tiket di Stasiun Pasar Senen. Pelayanan tiket untuk kereta ekonomi antar daerah, seperti KA Gumarang dan KA Senja Utama Solo, akan dilayani di Stasiun Pasar Senen. Apabila anda memerlukan transportasi lain seusai tiba di Stasiun Gambir, anda dapat menggunakan Bus DAMRI yang dapat juga digunakan untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Stasiun Gambir

Stasiun Gambir
Stasiun Gambir

Ketika beroperasi pada tahun 1930-an, Stasiun Gambir memiliki nama Stasiun Koningsplen. Setelah itu, stasiun ini direnovasi dan menjadi salah satu stasiun besar dan sibuk yang beroperasi di Pulau Jawa. Jika anda membawa barang bawaan yang banyak, anda dapat menggunakan jasa porter atau kuli angkut bagi penumpang setelah tiba di stasiun. Para kuli angkut ini akan membantu anda membawakan barang bawaan sampai keluar stasiun. Porter atau kuli angkut akan mengenakan seragam dengan warna merah dan bertuliskan “Gambir”. Hal tersebut menandakan keresmian porter yang bekerja di Stasiun Gambir.

Selain adanya kuli angkut untuk barang bawaan anda, Stasiun Gambir juga menyediakan jasa penitipan barang dan penukaran mata uang bagi penumpang. Untuk transportasi di luar stasiun, anda dapat memesan taksi yang disediakan tiketnya di loket pemesanan taksi perusahaan Blue Bird Grup di pintu keluar. Selain taksi, anda juga dapat menggunakan bus DAMRI untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta. Keamanan stasiun pun juga diajaga dengan adanya para petugas keamanan yang selalu siap siaga di berbagai tempat yang padat penumpang, seperti di loket maupun di peron. Hal yang perlu anda perhatikan lagi adalah denah bangunan stasiun. Stasiun Gambir memiliki tiga tingkat yang masing-masing dipisahkan fungsinya. Tingkat pertama menyediakan Aula Utama, loket, toko, mesin ATM, dan beberapa restoran cepat saji seperti CFC, dan toko lainnya. Di tingkat kedua, anda dapat menemukan ruang tunggu sekaligus beberapa restoran dan kafetaria. Pada tingkat paling atas, anda dapat menemukan peron kereta. Anda juga dapat menggunakan “Rail Transit Suite”, yaitu hotel transit khusus untuk para penumpang kereta api yang ingin sekedar beristirahat di daerah stasiun.

Fasilitas Stasiun Gambir

Jadwal Kereta Api Stasiun Gambir
Jadwal Kereta Api Stasiun Gambir

Stasiun Gambir memiliki pelayanan yang cepat dan fasilitas yang terjamin kualitasnya. Banyaknya jasa kuli angkut atau porter resmi dari stasiun menjadi salah satu alasan mengapa Stasiun Gambir merupakan salah satu stasiun terbaik di Jakarta. Sembari melihat jadwal kereta api di Stasiun Gambir, anda juga dapat menggunakan fasilitas ruang tunggu yang disediakan. Apabila anda sudah mendapatkan jadwal kereta api di Stasiun Gambir yang telah ditentukan, anda dapat juga melakukan reservasi dan check in counter secara mandiri. Pemesanan tiket yang telah anda lakukan secara online maupun langsung dapat memberikan anda akses untuk menumpangi kereta yang anda inginkan. Untuk mencetak tiket untuk kereta api dengan keberangkatan Stasiun Gambir, anda hanya perlu melakukan scan pada kode tiket yang sudah anda pesan di handphone anda. Setelah itu, mesin tiket akan mencetak tiket kereta api dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir untuk anda.

Agar anda tidak terburu-buru dalam mencetak tiket, usahakan datang paling lambat tiga puluh menit sebelum kereta berangkat. Anda dapat mencetak tiket sehari sebelum jadwal keberangkatan. Jadwal kereta api yang beroperasi di Stasiun Gambir dapat anda lihat di layar besar yang terpampang di sekitar area pemesanan tiket. Jika anda menggunakan aplikasi resmi dari PT KAI, anda juga dapat melihat kereta api yang berangkat dari Stasiun Gambir.

Beberapa kereta api antar provinsi beroperasi dari Stasiun Gambir. Kereta-kereta tersebut di antaranya adalah Kereta Argo Parahyangan Tambahan, Argo Parahyangan, Argo Dwipangga, Argo Lawu, Purwojaya, Bangunkarta, Argo Sindoro, Argo Muria, Argo Jati Tambahan, Bima, Cirebon Ekspres, Sembrani, Argo Jati, Gajayana dan masih banyak lainnya. Harga tiket yang tersedia juga dibedakan sesuai dengan jarak tempuh dan kualitas fasilitas yang disediakan oleh setiap armada kereta api.

Jadwal Kereta Api Stasiun Gambir

Kereta Tujuan Jam Keberangkatan
Argo Parahyangan Bandung 5:05
Argo Muria Semarang 7:00
Argo Dwipangga Solo 8:00
Taksaka Yogyakarta 8:30
Argo Parahyangan Bandung 8:45
Argo Jati Cirebon 9:00
Argo Bromo Anggrek Surabaya 9:30
Tegal Bahari Tegal 9:40
Argo Parahyangan Bandung 10:30
Tegal Bahari Tegal 11:00
Argo Parahyangan Bandung 11:30
Cirebon Ekspres Cirebon 12:10
Argo Parahyangan Bandung 12:35
Bangunkarta Surabaya 15:00
Argo Parahyangan Bandung 15:30
Argo Sindoro Semarang 16:15
Argo Jati Cirebon 17:20
Argo Parahyangan Bandung 18:45
Sembrani Surabaya 19:15
Tegal Bahari Tegal 19:45
Argo Parahyangan Bandung 20:00
Argo Lawu Solo 20:15
Taksaka Yogyakarta 20:45
Argo Bromo Anggrek Surabaya 21:30
Purwojaya Cilacap 22:05
Cirebon Ekspres Cirebon 22:20

Leave a Comment