Jadwal Kereta Api Stasiun Pasar Senen 2019

Jadwal Kereta Api Stasiun Pasar Senen – Kereta api antar daerah dengan tujuan Jakarta seringkali melakukan pemberhentian terakhir di Stasiun Pasar Senen. Stasiun yang familiar ini merupakan salah satu stasiun besar di Jakarta selain Stasiun Gambir. Pasar Senen merupakan stasiun besar dengan Tipe A yang sering dikenal dengan nama Stasiun Senen. Stasiun Pasar Senen terletak di Kecamatan Senen yang berada di Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia. Letak stasiun ini sangat strategis yaitu di antara wilayah padat penduduk. Stasiun Pasar Senen terletak di dekat Gelanggang Remaja Planet Senen dan pusat perbelanjaan Pasar Senen. Pelayanan jadwal kereta api di Stasiun Pasar Senen meliputi kereta api kelas bisnis dan kelas ekonomi antar daerah. Beberapa tujuan pemberhentian atau rute yang disediakan adalah Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Semarang, Solo, Jombang, Malang, dan Surabaya.

Sebagai salah satu bangunan tua di Jakarta, Stasiun Pasar Senen dibangung pada tahun 1916. Stasiun ini kemudian diresmikan pada tanggal 19 Maret 1925. Pelayananan kereta api yang disediakan oleh stasiun ini meliputi kereta api antar daerah saja karena KRL dalam kota sudah mempunyai stasiun pemberhentian sendiri. Stasiun Pasar Senen melayani perjalanan dengan rute antar daerah. Tujuan pemberhentian meliputi kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Banyaknya obyek padat penduduk yang berada di sekeliling stasiun membuat Pasar Senen salah satu daerah yang selalu ramai. Salah satu stasiun dengan rute perjalanan kereta antar daerah yang paling banyak di Jawa ini memang beroperasi setiap saa. Jika dibandingkan dengan Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen hanya melayani rute perjalanan dengan kereta api kelas bisnis dan ekonomi saja. Tujuan kota-kota besar di sekitar Pulau Jawa menjadi salah satu alasan mengapa stasiun ini akan sangat ramai dengan pengunjung dan calon penumpang pada saat musim liburan tiba. Jika anda ingin melakukan perjalanan dengan kereta yang anda harapkan, anda dapat melihat jadwal kereta yang ada di Stasiun Pasar Senen. Pastikan melihat jadwal keberangkatan dengan cermat agar tidak terjadi kesalahan input data saat pemesanan.

Stasiun Pasar Senen

Stasiun Pasar Senen
Stasiun Pasar Senen

Beberapa tahun terakhir, penerapan sistem oleh PT KAI mengatur jadwal keberangkatan kereta api dengan ketat. Jarang sekali penumpang menemui keterlambatan kereta maupun kendala selama perjalanan. Pengoperasian jadwal kereta api di Stasiun Pasar Senen pun juga demikian. Stasiun ini memiliki jadwal keberangkatan kereta api yang sudah tertata dengan semestinya berdasarkan sistem yang telah dibuat. Apabila ada kendala teknis maupun alasan keterlambatan lain, Stasiun Pasar Senen akan memberikan informasi yang sejelas-jelasnya pada penumpang yang berada di stasiun. Untuk itu, anda harus bersiap siaga ketika jadwal keberangkatan kereta yang anda pilih sudah tercantum di tiket anda. Untuk kemudahan pemesanan tiket, anda dapat menggunakan aplikasi resmi dari PT KAI. Di aplikasi tersebut, anda juga dapat melihat beberapa kereta yang dapat anda gunakan sesuai dengan rute perjalanan yang anda inginkan.

Beberapa jadwal kereta api yang ada di Stasiun Pasar Senen dapat anda lihat di artikel ini. Untuk kereta api dengan tujuan pemberhentian akhir Jatibarang, jadwal keberangkatan adalah pukul 22.51. Sementara itu, untuk jadwal keberangkatan kereta api dari Stasiun Pasar Senen menuju Cirebon Prujakan ditetapkan pukul 23.39. Untuk kereta dengan tujuan akhir kota Brebes, Stasiun Pasr Senen menjadwalkan kereta api untuk berangkat pada pukul 00.27. Bagi anda yang ingin melakukan perjalanan menuju Tegal, anda dapat menggunakan kereta api dengan jadwal keberangkatan pukul 00.45. Jadwal dan harga tiket yang tersedia dapat berubah sewaktu-waktu. Diharapkan bagi para penumpang untuk melihat jadwal keberangkatan dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan jadwal.

Layanan Stasiun Pasar Senen

Fitur Stasiun Pasar Senen
Fitur Stasiun Pasar Senen

Sebagai salah satu stasiun kereta api terbesar di Jawa, Stasiun Pasar Senen memiliki fasilitas dan penyediaan layanan yang selalu siap sedia. Terdapat enam jalur kereta api dengan jalur 3 dan 4 sebagai sepur lurus di Stasiun Pasar Senen. Tentunya jalur tersebut dibutuhkan bagi kereta yang hendak berangkata ataupun tiba di stasiun tersebut. Stasiun Pasar Senen dibangun sejak lama oleh arsitek J. van Gendt. Dipengaruhi dengan gaya arsitektur Neo-Indische, stasiun ini memiliki karakter yang unik. Fitur vernakular yang ada di beberapa bangunan terlihat sangat menonjol dan terlihat dari dari atap limasan yang mendominasi tiap bangunan. Selain itu, terdapat juga atap teritisan di atas pintu masuk hall yang berfungsi untuk melindungi bangunan dari rembesan air hujan. Stasiun ini terlihat juga seperti bangunan dua lantai jika dilihat dari luar. Selain fitur atap yang ada di bangunan stasiun ini, pintu-pintu stasiun pun juga dibuat dengan gaya Romantik yang ditambah dengan konsol atap yang diekspos.

Stasiun Pasar Senen melayani rute perjalanan untuk kereta antar daerah yang meliputi provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Beberapa kereta tersebut di antaranya adalah:

  • Bangunkarta ke Jombang via Semarang Tawang
  • Gumarang ke Surabaya Pasar Turi
  • Fajar Utama Semarang ke Semarang Tawang
  • Fajar Utama Yogyakarta ke Yogyakarta Tugu
  • Senja Kediri ke Malang
  • Senja Utama Semarang ke Semarang Tawang
  • Senja Utama Solo ke Solo Balapan
  • Senja Utama Yogyakarta ke Yogyakarta Tugu
  • Sawunggalih Utama ke Stasiun Kutoarjo
  • Gaya Baru Malam Selatan ke Surabaya Gubeng
  • Kertajaya ke Surabaya Pasar Turi
  • Matarmaja ke Malang
  • Progo ke Yogyakarta
  • Lempuyangan Serayu ke Kroya via Bandung
  • Tawang Jaya ke Semarang Poncol
  • Tegal Arum ke Tegal
  • Bogowonto ke Stasiun Kutoarjo
  • Gajah Wong ke Stasiun Lempuyangan
  • Serayu ke Kroya via Cikampek
  • Patas Purwakarta ke Purwakarta
  • Langsam ke Rangkasbitung

Jadwal Dan Rute KA Stasiun Pasar Senen

Kereta Api Stasiun Tujuan  Jam Berangkat
Kutojaya Utara Kutoarjo (Ekonomi AC) 05.30
Fajar Utama Yogyakarta Yogyakarta (Bisnis) 06.15
Gajahwong Lempuyangan Yogyakarta (Eko AC) 06.45
Menoreh Semarang Tawang (Eko AC) 07.15
Tegal Ekspres Tegal (Ekonomi AC) 07.45
Sawunggalih Pagi Kutoarjo (Bisnis) 08.15
Serayu Pagi Purwokerto via Bandung (Eko AC) 09.00
Gaya Baru Malam Selatan Surabaya Gubeng (Ekonomi AC) 10.30
Bengawan Purwosari Solo (Eko AC) 11.30
Jayabaya Malang via Surabaya (Eko AC) 12.00
Jaka Tingkir Purwosari Solo (Eko AC) 12.30
Krakatau Kediri Via Yogya (Eko AC) 13.00
Kertajaya Surabaya Pasar Turi (Eko AC) 14.00
Matarmaja Malang Via Semarang Solo (Eko AC) 15.15
Gumarang Surabaya Pasar Turi (Eks, Bis, Eko) 15.45
Brantas Kediri Via Semarang Solo (Eko AC) 16.00
Sawunggalih Malam Kutoarjo (Eksekutif, Bisnis) 18.00
Majapahit Malang Via Semarang Solo (Eko AC) 18.30
Senja Utama Yogyakarta Yogyakarta (Bisnis) 19.00
Menoreh Semarang Tawang (Ekonomi AC) 19.45
Serayu Malam Purwokerto Via Bandung (Eko AC) 21.00
Bogowonto Lempuyangan Yogya (Eko AC) 21.45
Senja Utama Solo Solobalapan (Bisnis) 22.00
Krakatau Merak (Ekonomi AC) 22.00
Progo Lempuyangan Yogya (Ekonomi AC) 22.30
Tawng Jaya Semarang Poncol (Ekonomi AC) 23.00

Leave a Comment