Jadwal Kereta Api Tambahan Mudik Lebaran 2019

Jadwal Kereta Api Tambahan Mudik – Perjalanan pulang kampung akan menjadi lebih mudah dengan adanya jadwal kereta api tambahan yang disediakan oleh PT KAI. Melakukan perjalanan pulang ke rumah merupakan hal yang ditunggu saat hari besar tiba. Pada saat Hari Raya Idul Fitri, banyak kaum muslim di berbagai daerah di Indonesia yang melakukan perjalanan pulang ke daerah asal masing-masing. Setelah tepat selesainya bulan puasa, kaum muslim di berbagai daerah di Indonesia akan berbondong-bondong melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Tradisi mudik ini dilakukan setiap tahunnya ketika hari raya tiba.

Setiap tahunnya, masyarakat Indonesia yang pergi merantau di beberapa kota besar selalu melakukan perjalanan pulang kampung atau mudik pada saat lebaran tiba. Pada saat hari raya tiba, masyarakat akan berbondong-bondong melakukan perjalanan keluar kota atau lintas daerah dengan menggunakan berbagai macam moda kendaraan. Salah satu kendaraan umum yang paling banyak digunakan waktu mudik tiba adalah kereta api.

Setiap harinya kereta api yang ada di Pulau Jawa beroperasi dengan rute perjalanan yang berbeda-beda. Stasiun-stasiun yang tersebar di beberapa daerah di Jawa memberikan jadwal operasi sesuai dengan peraturan dan sistem yang berlaku. Namun pada hari khusus, seperti hari raya atau beberapa waktu sebelum hari raya tiba, pengoperasian kereta api menjadi semakin ditingkatkan. Untuk memberikan pelayanan terbaik bagi semua calon penumpang yang tersebar di berbagai daerah, maka PT KAI menyediakan jadwal kereta api tambahan mudik lebaran setiap tahunnya.

Pelayanan Kereta Api Tambahan Mudik

Kereta Api Tambahan Mudik Lebaran
Kereta Api Tambahan Mudik Lebaran

Untuk melakukan perjalanan mudik dengan tenang, anda dapat menggunakan jasa kereta api yang melayani perjalanan antar daerah. Pelayanan kereta api yang ada untuk perjalanan mudik sudah meningkat setiap tahunnya. Dibandingkan dengan kereta api yang beroperasi beberapa dekade lalu, kereta saat ini sudah memiliki fasilitas yang aman dan nyaman. Peningkatan fasilitas dan pemeliharaan berkala menjadi salah satu alasan mengapa kereta api saat ini menjadi pilihan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik setiap tahunnya.

Jumlah armada kereta api yang beroperasi pada saat musim mudik lebaran memang seringkali melebihi jumlah armada kereta pada hari operasi biasa. Selain kereta api yang beroperasi dengan jumlah normal, kereta api tambahan akan dioperasikan pada saat musim mudik lebaran tiba. Pada saat musim mudik, kereta api yang ada  di setiap stasiun akan memberlakukan jadwal keberangkatan yang agak berbeda dengan hari biasanya.

Anda sekarang dapat menikmati perjalanan mudik dengan fasilitas yang lebih nyaman dan aman jika dibandingkan dengan fasilitas kereta api beberapa dekade lalu. Baik kereta kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif sudah memiliki fasilitas AC yang disediakan di setiap gerbong penumpang. Pemesanan tiket pun menjadi lebih mudah dengan adanya aplikasi pemesanan tiket online.

Anda dapat menggunakan aplikasi resmi dari PT KAI untuk memesan tiket kereta api untk perjalanan mudik lebaran anda. Pastikan untuk memesan tiket kereta api sesuai dengan tujuan yang sudah anda tentukan. Setelah pengisian data selesai, anda dapat melakukan pembayaran melalui kartu kredit atau pembayaran tunai di tempat pelayanan tiket yang ditentukan.

Kereta Api Tambahan Mudik

Kereta Api Mudik Lebaran
Kereta Api Mudik Lebaran

Penyediaan kereta api tambahan tentunya dilakukan atas pertimbangan banyaknya jumlah penumpang kereta api yang melakukan perjalanan mudik dengan kereta setiap tahunnya. Di tahun 2019, PT Kereta Api Indonesia menyediakan layanan kereta api tambahan sejumlah 50 armada untuk melayani penumpang kereta api yang melakukan mudik tahun ini. Armada kereta tambahan yang disediakan oleh PT KAI tersebar di beberapa daerah besar seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, dan beberapa wilayah yang ada di Jawa Timur. Untuk mendapatkan tiket kereta api tambahan mudik, anda dapat melakukan pemesanan tiket pada H-60 sebelum hari raya tiba.

Dari total 406 kereta api yang dioperasikan untuk melayani perjalanan mudik tahun ini, terdapat beberapa kereta dengan kelas berbeda yang dapat digunakan. Terdapat 27 tambahan untuk kereta api kelas ekonomi, eksekutif, dan bisnis, 11 kereta api non PSO, 4 kereta api ekonomi PSO, dan 8 kereta api yang menggunakan rangakaian idle. Harga tiket untuk kereta kelas ekonomi, eksekutif, dan bisnis tentunya berbeda antara satu sama lain. Pemesanan tiket dapat anda lakukan dengan aplikasi pemesanan tiket online yang disediakan oleh PT KAI. Anda juga dapat menggunakan aplikasi online ticket booking lain yang bekerja sama secara resmi dengan PT KAI.

Pastikan jadwal kereta api yang anda inginkan masih tersedia di aplikasi ketika melakukan pemesanan. Untuk referensi jadwal dan harga tiket kereta api mudik lebaran, anda dapat melihat informasi selengkapnya di situs resmi atau aplikasi resmi dari PT KAI. Jika anda memiliki budget yang terbatas, anda dapat menggunakan jasa program mudik gratis yang diadakan oleh Kemenhub atau pihak swasta lain setiap tahunnya. Selain itu, anda juga dapat menggunakan kereta api kelas ekonomi untuk menekan biaya perjalanan lebih rendah dari tiket untuk kereta api bisnis maupun eksekutif.

Untuk mengetahui lebih lanjut mana saja kereta api tambahan yang dapat anda gunakan untuk melakukan perjalanan mudik lebaran, anda dapat melihat informasi di bawah ini. Jika anda berdomisili di daerah besar yang menyediakan kereta api tambahan dengan jumlah armada lebih besar, anda dapat lebih leluasa memilih kereta dan jadwal keberangkatan kereta api tambahan yang anda inginkan.

Jadwal Kereta Api Tambahan Mudik Lebaran

Nama Kereta Api Rute Perjalanan Jadwal Keberangkatan
Argo Lawu Fakultatif Solo – Jakarta (Solo Balapan-Gambir) 09.00 WIB
Argo Lawu Fakultatif Jakarta – Solo (Gambir-Solo Balapan) 21.15 WIB
Argo Dwipangga Lebaran Solo – Jakarta (Solo Balapan-Gambir) 21.30WIB
Argo Dwipangga Lebaran Jakarta – Solo (Gambir-Solo Balapan) 10.00 WIB
Taksaka Lebaran Yogyakarta – Jakarta (Yogyakarta-Gambir) 06.40 WIB
Taksaka Lebaran Jakarta – Yogyakarta (Gambir-Yogyakarta) 19.30 WIB
Taksaka Lebaran Yogyakarta – Jakarta ( Yogyakarta-Gambir) 22.15 WIB
Taksaka Lebaran Jakarta – Yogyakarta ( Gambir-Yogyakarta) 10.15 WIB
Argo Muria Lebaran Semarang – Jakarta ( Semarang Tawang-Gambir) 07.00 WIB
Argo Muria Lebaran Jakarta – Semarang ( Gambir-Semarang Tawang) 13.45 WIB
Argo Sindoro Lebaran Semarang – Jakarta ( Semarang Tawang-Gambir) 16.50 WIB
Argo Sindoro Lebaran Jakarta – Semarang ( Gambir-Semarang Tawang) 23.45 WIB
Gajayana Lebaran Malang – Jakarta ( Malang-Gambir) 19.45 WIB
Gajayana Lebaran Jakarta – Malang ( Gambir-Malang) 23.30 WIB
Sembrani Lebaran Surabaya – Jakarta ( Pasar Turi-Gambir) 09.00 WIB
Sembrani Lebaran Jakarta – Surabaya ( Gambir-Pasar Turi) 16.45 WIB
Purwojaya Lebaran Cilacap – Jakarta ( Solobalapan-Gambir) 08.20 WIB

Purwojaya Lebaran Jakarta – Cilacap ( Gambir-Cilacap) 16.00 WIB
Lodaya Lebaran Solo – Bandung ( Solo Balapan-Bandung) 08.15 WIB
Lodaya Lebaran Bandung – Solo ( Bandung-Solo Balapan) 20.20 WIB
Lodaya Lebaran Solo – Bandung ( Solo Balapan-Bandung) 22.05 WIB
Lodaya Lebaran Bandung – Solo ( Bandung-Solo Balapan) 09.35 WIB
Sancaka Lebaran Surabaya Gubeng – Yogyakarta 09.40 WIB
Sancaka Lebaran Yogyakarta – Surabaya Gubeng 17.50 WIB
Cirebon Ekspres Fakultatif Cirebon – Jakarta ( Cirebon – Gambir) 16.45 WIB
Cirebon Ekspres Fakultatif Jakarta – Cirebon (Gambir – Cirebon) 20.30 WIB
Argo Jati Tambahan Cirebon – Jakarta ( Cirebon – Gambir) 21.15 WIB
Argo Jati Tambahan Jakarta – Cirebon (Gambir – Cirebon) 00.40 WIB
Argo Jati Fak Cirebon – Jakarta ( Cirebon – Gambir) 11.00 WIB
Argo Jati Fak Jakarta – Cirebon (Gambir – Cirebon) 07.15 WIB
Senja Utama Cirebon Fakultatif Cirebon – Jakarta ( Cirebon – Gambir) 15.10 WIB
Senja Utama Cirebon Fakultatif Jakarta – Cirebon (Gambir – Cirebon) 05.45 WIB
Kutojaya Utara Tambahan Kutoarjo – Pasar Senen 10.40 WIB
Kutojaya Utara Tambahan Pasar Senen – Kutoarjo 23.20 WIB
Kutojaya Utara Lebaran Kutoarjo – Pasar Senen 20.30 WIB
Kutojaya Utara Lebaran Pasar Senen – Kutoarjo 08.30 WIB
Kutojaya Selatan Lebaran Kutoarjo – Kiaracondong 11.10 WIB
Kutojaya Selatan Lebaran Kiaracondong – Kutoarjo 23.30 WIB
Kertajaya Lebaran Pasar Turi – Pasar Senen 23.35 WIB
Kertajaya Lebaran Pasar Senen -Pasar Turi 08.45 WIB
Tawang Jaya Lebaran Semarang Poncol – Pasar Senen 09.15 WIB
Tawang Jaya Lebaran Pasar Senen – Semarang Poncol 19.45 WIB
Brantas Lebaran Blitar – Pasar Senen 13.55 WIB
Brantas Lebaran Pasar Senen – Blitar 18.00 WIB
Matarmaja Lebaran Malang – Pasar Senen 19.00 WIB
Matarmaja Lebaran Pasar Senen – Malang 18.45 WIB
Pasundan Lebaran Surabaya Gubeng – Kiaracondong 05.35 WIB
Pasundan Lebaran Kiaracondong – Surabaya Gubeng 06.45 WIB

Catatan: Jadwal kereta api tambahan mudik lebaran bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan peraturan dari PT KAI.

Leave a Comment