Jadwal Kereta Stasiun Kebayoran 2019

Jadwal Kereta Stasiun Kebayoran – Beberapa kereta commuter yang tersedia Jakarta dapat menjadi pilihan transportasi alternatif yang ada di daerah padat kendaraan dan rawan macet. Di Jakarta, khususnya, pengadaan transportasi umum sangat membantu pengurangan volume kendaraan di jalan raya. Efek yang dapat dirasakan adalah pengurangan angka kemacetan yang ada di ibukota negara ini. Pengadaan transportasi umum dalam bentuk KRL menjadi salah satu faktor yang mendukung pengurangan angka kemacetan di Jakarta. Lain halnya dengan kereta lokal di daerah lain, KRL dioperasikan oleh PT Kereta Commuter Indonesia. Tujuan dibuatnya kereta ini adalah untuk melayani perjalanan jarak dekat. KRL melayani perjalanan dengan rute di daerah sekitar Jabodetabek hingga saat ini.

Layaknya kereta api lokal di berbagai wilayah di Indonesia, KRL juga memiliki fasilitas yang memadai. Di tengah panasnya kota, para penumpang tidak akan terasa kelelahan maupun kepanasan di dalam gerbong yang tersedia. Pendingin ruangan dan kursi yang nyaman selalu siap memanjakan para penumpang. Selain sarana dan fasilitas yang memadai, Kereta Commuter di Jakarta ini juga memiliki sistem notifikasi yang memadai. Berbekal speaker dan layar yang terpampang di ujung deretan kursi penumpang, kondektur akan memberikan pemberitahuan setiap kereta akan melintasi stasiun. Hal ini dapat memudahkan para penumpang untuk bersiap-siap untuk turun di stasiun yang dituju.

Adanya fasilitas transportasi umum yang memadai ini pun meningkatkan antusiasme masyarakat untuk bepergian menggunakan transportasi umum. Pemesanan tiket pun semakin mudah dengan adanya tiket atau kartu elektronik yang dapat memberikan anda akes untuk melakukan perjalanan dengan KRL. Untuk melakukan perjalanan singkat dengan KRL, anda dapat membeli beberapa tiket elektronik yang dapat anda pilih. Sebelum itu, pastikan anda mengetahui rute mana yang akan anda pilih. Anda dapat menyiapkan uang minimal sebesar Rp 10.000,00 untuk membeli tiket elektronik Tiket Harian Berjaminan (THB) untuk satu kali perjalanan dengan kereta yang sama. Anda juga dapat membeli KMT (Kartu Multi Trip) untuk melakukan perjalanan menggunakan KRL berkali-kali. Apabila anda pengguna E-Money, anda dapat juga menggunakan kartu tersebut untuk membayar tiket KRL.

Stasiun Kebayoran

Stasiun Kebayoran
Stasiun Kebayoran

Jika dibandingkan dengan Stasiun Gambir ataupun Stasiun Pasar Senen, stasiun yang mengoperasikan Commuter Line agaknya tidak terlalu besar. Stasiun Kebayoran beroperasi hampir sama dengan stasiun Commuter Line lain yang berada di sekitar area Jabodetabek. Seperti yang diketahui, stasiun KRL yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya beroperasi dengan rute dan jadwal yang berlaku. KRL atau Commuter Line yang beroperasi di beberapa stasiun yang telah ditentukan hanya memiliki jadwal keberangkatan dan kedatangan yang sudah diatur oleh sistem. Pembayaran tiket pun sudah diatur dengan menggunakan kartu yang telah ditentukan oleh PT Kereta Commuter Indonesia.

Jakarta, sebagai kota yang padat akan kendaraan, memiliki sistem transportasi umum yang membantu pergerakan lalu lintas di tengah kemacetan setiap harinya. Dengan adanya kereta Commuter Line yang beroperasi di beberapa stasiun di daerah sekitar Jakarta, masyarakat dari berbagai kalangan, khususnya pekerja, dapat melakukan perjalanan dengan mudah dan aman. Kereta Commuter Line saat ini memiliki jadwal keberangkatan yang sudah diatur oleh tiap stasiun atas pengawasan dari PT Kereta Commuter Indonesia. Maka dari itu, hampir semua kereta yang beroperasi di jalur kereta Commuter Line di Jakarta jarang mengalami keterlambatan.

Fitur Stasiun Kebayoran

Fitur Stasiun Kebayoran
Fitur Stasiun Kebayoran

Stasiun Kebayorang memiliki fitur yang unik dengan arsitektur kolonialnya. Layaknya beberapa stasiun yang ada di beberapa wilayah di Indonesia, gaya kolonial yang ada di bangunan tua stasiun merupakan karya dari arsitektur asal negeri Belanda. Pada tahun 1890-an, pemerintahan Belanda mengatur semua sistem transportasi dan distribusi hasil kekayaan alam yang ada di Indonesia melalui stasiun yang dibangun di beberapa wilayah di Jawa. Stasiun Kebayoran dibangun untuk tujuan pengiriman barang dari daerah Batavia menuju Duri dan Rangkas Bitung. Akhirnya, pembangunan stasiun ini selesai pada tahun 1899. Saat ini stasiun ini masih berfungsi sebagai stasiun pelayanan kereta api dalam kota yang dinamakan Stasiun Kebayoran.

Seperti Stasiun Rawa Buntu, jadwal kereta yang beroperasi di Stasiun Kebayoran berada di bawah pengawasan PT Kereta Api Indonesia. Stasiun ini berada dalam pengawasan Daerah Operasional 1 Jakarta lebih tepatnya. Dengan ketinggian sekitar 4,2 meter, stasiun ini hanya digunakan untuk melayani kereta commuter. Stasiun Kebayoran mulai beroperasi dengan pelayanan kereta commuter secara independen pada tahun 2016. Sebelum itu, Stasiun Kebayoran hanya berfungsi sebagai perlintasan atau pendukung kereta commuter dengan tujuan Rangkas Bitung dan Merak. Kereta api commuter yang berangkat dari Stasiun Kebayoran adalah KRL Serpong Ekspres.

Jadwal Dan Rute Kereta Stasiun Kebayoran

Kereta commuter yang beroperasi di Stasiun Kebayoran memiliki beberapa rute. Di stasiun ini, kereta yang beroperasi hanya Commuter Green Line. Di bawah ini adalah kereta yang beroperasi dengan rute perjalanan yang sudah ditentukan oleh Stasiun Kebayoran:

  • Cabang Serpong, tujuan Serpong dan tujuan Tanah Abang.
  • Cabang Parung Panjang, tujuan Parung Panjang dan tujuan Tanah Abang.
  • Cabang Maja, tujuan Stasiun Maja dan Stasiun Tanah Abang.
  • Cabang Rangkas, tujuan Rangkas Bitung dan tujuan Stasiun Tanah Abang.

Fasilitas yang disediakan oleh kereta commuter di Jakarta sudah terbilang aman dan nyaman. Untuk melakukan perjalanan dalam kota, KRL sudah menyediakan beberapa fasilitas khusus yang dapat digunakan untuk para penumpang. Terdapat gerbong khusus perempuan, manula, dan penyandang disabilitas. Gerbong-gerbong tersebut memiliki fasilitas dan kursi khusus yang disediakan oleh kelompok tertentu yang memang diberikan prioritas dalam melakukan perjalanan dengan menggunakan KRL di area sekitar Jabodetabek.

Leave a Comment