Jadwal dan Harga Tiket Kereta Api Sarangan Ekspres 2019

Kereta Api Sarangan Ekspres – Bepergian antar kota di Jawa Timur membutuhkan waktu yang tidak singkat dikarenakan luasnya daerah tersebut. Dengan adanya fasilitas transportasi umum berupa kereta api, masyarakat dapat bepergian dengan mudah. Transportasi masa ini juga dapat mengangkut penumpang dalam jumlah banyak serta menempuh jarak yang jauh. Adanya kereta api di daerah Jawa Timur tentunya juga dapat membantu banyak pihak dalam melakukan perjalanan bisnis maupun pribadi. Pilihan ini dapat memberikan pengalaman perjalanan yang unik bagi masyarakat di daerah Jawa Timur.

Meskipun pilihan transportasi saat ini beragam, antusiasme masyarakat untuk menggunakan kereta api tidak kunjung menurun. Minat masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api semakin meningkat juga dengan adanya fasilitas yang memadai sekarang. Hal ini dapat dilihat dari tersebarnya rute perjalanan kereta api yang terbagi rata di wilayah Jawa Timur. Kereta api lokal di daerah Jawa Timur ini umumnya berangkat dari Kota Surabaya menuju kota lain yang tersebar di Jawa Timur. Dengan rute perjalanan yang terjadwal dan tertata oleh sistem, masyarakat Jawa Timur dapat menikmati perjalanan kereta yang nyaman dan tanpa hambatan.

Di antara banyak rute kereta api yang disediakan oleh PT KAI, rute yang populer di kalangan masyarakat adalah rute Madiun-Surabaya. Kabupaten Madiun terkenal dengan wisata alami serta wisata kulinernya, sehingga setiap tahun banyak masyarakat Jawa Timur yang tertarik untuk mengisi waktu liburan dengan bepergian ke Madiun. Daya tarik wisata ini yang membuat rute perjalanan Madiun-Surabaya banyak diburu oleh calon para penumpang kereta. Untuk menuju Banyuwangi ataupun Surabaya, anda bisa memesan tiket untuk KA Sarangan Ekspres. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Kereta Api Sarangan Ekspres, anda bisa melihat informasi di bawah ini.

Kereta Api Sarangan Ekspres

Kereta Api Sarangan Ekspres
Kereta Api Sarangan Ekspres

Dibandingkan dengan kereta api antar kota di Jawa Timur lainnya, Kereta Api Sarangan Ekspres terbilang masih muda. Usia pengoperasian kereta api ini masih terbilang lebih muda jika dibandingkan dengan Kereta Api Penataran dan Dhoho. Terhitung sejak tanggal 6 Februari 2014, Kereta Api Sarangan Ekspres mulai beroperasi di Stasiun Madiun. Bagi warga Jawa Timur, nama Sarangan mungkin sudah tidak terdengar asing lagi. KA Sarangan Ekspres mengambil nama dari telaga yang terletak di Plaosan, Magetan, Jawa Timur yang bernama Telaga Sarangan. Telaga yang terkenal ini berada di kaki Gunung Lawu di bagian Timur.

Menurut data yang dikumpulkan oleh GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api), jadwal Kereta Api Sarangan Ekspres masih terbilang normal dan tidak terlalu padat. Dikarenakan jumlah armada yang terbatas, jadwal keberangkatan kereta ini hanya ada satu kali dalam satu hari. Setiap harinya, KA Sarangan Ekspres melakukan satu kali perjalanan pulang dan satu kali perjalanan pergi. Jadwal keberangkatan yang pertama dilakukan dari Stasiun Gubeng di Surabaya dengan tujuan akhir Stasiun Madiun. Keberangkatan KA Sarangan Ekspres di Stasiun Gubeng dijadwalkan pada pagi hari. Untuk jadwal keberangakatan yang ada di Stasiun Madiun, Kereta Sarangan Ekspres akan melakukan perjalanan di hari yang sama pada siang harinya dengan tujuan akhir Stasiun Gubeng yang ada di Surabaya.

Adanya Kereta Sarangan Ekspres memudahkan para warga Surabaya dan Madiun dalam bepergian. Kereta Sarangan Ekspres dapat membantu pengoperasian kereta dengan rute Madiun menuju Surabaya. Bagi para penumpang yang ingin melakukan perjalanan ke Madiun atau Surabaya, pilihan kereta api yang dapat digunakan sekarang bertambah dengan adanya KA Sarangan Ekspres. Kereta yang beroperasi dengan jadwal keberangkatan siang hari dan di bawah pengawasan PT KAI (Persero) ini sayangnya sudah berhenti beroperasi sejak tahun 2016. Tepatnya pada tanggal 16 Februari 2016, KA Sarangan Ekspres berhenti beroperasi dikarenakan beberapa faktor seperti jumlah penumpang dan lain sebagainya. Meskipun demikian, layanan kereta api dengan rute perjalanan Madiun-Surabaya, atau sebaliknya, masih beroperasi dan siap untuk mengantar anda menuju tujuan dengan jadwal yang telah ditentukan. Jadwal kereta dengan rute Madiun-Surabaya, atau sebaliknya, dapat anda lihat di aplikasi resmi dari PT KAI. Anda juga dapat melihat jadwal kereta yang disediakan pada pagi, sore, dan malam hari untuk setiap kereta yang beroperasi dengan rute perjalanan Madiun-Surabaya, atau sebaliknya.

Fitur Kereta Api Sarangan Ekspres

Fitur Kereta Api Sarangan Ekspres
Fitur Kereta Api Sarangan Ekspres

Apabila anda ingin bepergian ke Madiun, anda dapat menggunakan kereta api dengan rute perjalanan dari Surabaya menuju Madiun yang tersedia di layanan yang disediakan oleh PT KAI. Meskipun KA Sarangan Ekspres menyediakan layanan serupa, sayangnya kereta api ini sudah tidak beroperasi lagi saat ini. Namun demikian, anda masih dapat mengetahui beberapa fitur yang terdapat di KA Sarangan Ekspres dan seluk beluk tentang armada kereta yang telah dihentikan pengoperasiannya sejak tahun 2016 ini. KA Sarangan Ekspres melayani perjalanan dari Madiun menuju ke Surabaya Gubeng, atau sebaliknya, dengan jadwal yang terbatas. Dikarenakan fitur ekspresnya, kereta yang beroperasi dengan kecepatan 50 km/jam hingga 100 km/jam ini hanya melakukan pemberhentian di lima stasiun yang berada di rute yang dilewati oleh kereta ini. Beberapa stasiun tersebut adalah Stasiun Mojokerto, Stasiun Jombang, Stasiun Kertosono, Stasiun Nganjuk, dan akhirnya melakukan pemberhentian akhir di Stasiun Madiun.

KA Sarangan Ekspres diberhentikan operasinya sebab okupansi penumpang dalam hitungan harian tidak sesuai dengan target yang ditentukan oleh PT KAI. Menurut GAPEKA, tiket KA Sarangan Ekspres hanya terjual banyak pada saat hari-hari atau musim tertentu, seperti hari raya atau liburan. Oleh sebab itu, pendapatan yang masuk tidak sebanding dengan pengeluaran untuk biaya operasional kereta.

Pada saat aktif beroperasi, KA Sarangan Ekspres mematok harga yang cukup terjangkau untuk kereta kelas bisnis. Harga tiket yang ditawarkan untuk Kereta Sarangan Ekspres adalah sebesar Rp 50.000,00 hingga Rp 60.000 per orang dewasa.

Harga Tiket Kereta Api Sarangan Ekspres

Rute Harga
Surabaya-Madiun Rp 50.000,00 – Rp 60.000,00

Jadwal Kereta Api Sarangan Ekspres

Jadwal KA Sarangan Madiun-Surabaya (KA 144)

Stasiun Kedatangan Keberangkatan
MADIUN 13.30
NGANJUK 14.32 14.41
KERTOSONO 15.03 15.07
JOMBANG 15.23 15.26
MOJOKERTO 15.47 15.50
BOHARAN 16.12 16.20
SEPANJANG 16.29 16.43
SURABAYA GUBENG 16.55

Jadwal KA Sarangan Surabaya-Madiun (KA 143)

Stasiun Kedatangan Keberangkatan
SURABAYA GUBENG 09.35
MOJOKERTO 10.14 10.17
PETERONGAN 10.35 10.44
JOMBANG 10.50 10.53
KERTOSONO 11.08 11.13
NGANJUK 11.34 11.43
MADIUN 12.37

Catatan: Pengoperasian Kereta Api Sarangan Ekspres sudah tidak dilakukan terhitung sejak Februari 2016. Penumpang dengan rute perjalanan Madiun-Surabaya, atau sebaliknya, diharapkan mencari alternatif kereta dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh PT KAI.

Leave a Comment