Informasi Tiket Kereta Api Tambahan Mudik Lebaran 2019

Tiket Kereta Api Tambahan Mudik Lebaran – Perjalanan mudik akan lebih mudah dengan adanya kereta api tambahan yang disediakan oleh PT KAI setiap kali musim mudik tiba. Mudik merupakan salah satu tradisi yang dilakukan kaum muslim di Indonesia pada Hari Raya Idul Fitri. Ketika saat itu tiba, banyak kaum muslim di berbagai daerah di Indonesia yang melakukan perjalanan pulang ke daerah asal masing-masing. Setelah tepat selesainya bulan puasa, kaum muslim di berbagai daerah di Indonesia akan berbondong-bondong melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Tradisi mudik ini dilakukan setiap tahunnya ketika hari raya tiba.

Untuk melakukan perjalanan mudik dengan tenang, anda dapat menggunakan jasa kereta api yang melayani perjalanan antar daerah. Pelayanan kereta api yang ada untuk perjalanan mudik sudah meningkat setiap tahunnya. Dibandingkan dengan kereta api yang beroperasi beberapa dekade lalu, kereta saat ini sudah memiliki fasilitas yang aman dan nyaman. Peningkatan fasilitas dan pemeliharaan berkala menjadi salah satu alasan mengapa kereta api saat ini menjadi pilihan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik setiap tahunnya.

Anda sekarang dapat menikmati perjalanan mudik dengan fasilitas yang lebih nyaman dan aman jika dibandingkan dengan fasilitas kereta api beberapa dekade lalu. Baik kereta kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif sudah memiliki fasilitas AC yang disediakan di setiap gerbong penumpang. Pemesanan tiket pun menjadi lebih mudah dengan adanya aplikasi pemesanan tiket online. Anda dapat menggunakan aplikasi resmi dari PT KAI untuk memesan tiket kereta api untk perjalanan mudik lebaran anda. Pastikan untuk memesan tiket kereta api sesuai dengan tujuan yang sudah anda tentukan. Setelah pengisian data selesai, anda dapat melakukan pembayaran melalui kartu kredit atau pembayaran tunai di tempat pelayanan tiket yang ditentukan.

Kereta Api Tambahan

Kereta Api Mudik Lebaran
Kereta Api Mudik Lebaran

Jumlah armada kereta api yang beroperasi pada saat musim mudik lebaran memang seringkali melebihi jumlah armada kereta pada hari operasi biasa. Selain kereta api yang beroperasi dengan jumlah normal, kereta api tambahan akan dioperasikan pada saat musim mudik lebaran tiba. Pada saat musim mudik, kereta api yang ada  di setiap stasiun akan memberlakukan jadwal keberangkatan yang agak berbeda dengan hari biasanya. Jadwal keberangkatan juga akan disesuaikan sesuai dengan armada kereta api yang dioperasikan oleh stasiun yang bertugas.

Setiap hari raya tiba, para pemudik akan mendatangi stasiun kereta api untuk melakukan perjalanan pulang kampung tahunan. Di musim mudik lebaran, PT KAI akan mengoperasikan kereta api tambahan yang digunakan untuk menampung penumpang yang jumlahnya membludak. Jika dibandingkan dengan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, mudik dengan kereta api termasuk pilihan yang lebih nyaman dan aman. Banyak pemudik yang memilih melakukan perjalanan mudik menggunakan kereta api karena faktor keamanan tersebut. Selain aman, mudik dengan kereta api juga tidak menguras kantong karena tiket kereta api yang bisa dibilang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan armada transportasi umum lainnya.

Bagi pemudik di Pulau Jawa, anda dapat menggunakan fasilitas kereta api yang disediakan oleh stasiun kereta api yang tersebar di berbagai wilayah di Jawa. Adanya kereta tambahan dapat memudahkan banyak pemudik yang ingin melakukan perjalanan pulang kampung tanpa ada kendala kehabisan tiket. Bagi anda yang sudah merencanakan perjalanan mudik ke kampung, anda dapat memesan tiket untuk kereta api reguler  maupun tambahan yang disediakan oleh stasiun yang anda tuju. Anda dapat menggunakan aplikasi resmi yang disediakan oleh PT KAI atau memesan tiket secara langsung di loket tiket yang tersedia di stasiun terdekat.

Layanan Kereta Api Tambahan Mudik Lebaran

Kereta Api Tambahan Mudik Lebaran
Kereta Api Tambahan Mudik Lebaran

Perjalanan mudik menggunakan kereta api selalu terbilang aman dan nyaman tanpa ada hambatan macet di jalanan. Menggunakan kereta api sebagai moda transportasi mudik juga dapat menyimpan waktu perjalanan untuk anda. Rute perjalanan mudik dari Jakarta menuju Surabaya yang memiliki jarak tempuh sepanjang 825 km dapat ditempuh dengan menggunakan jalur selatan hanya dalam waktu kurang lebih 8 jam. Dibandingkan dengan penggunaan transportasi bus umum ataupun kendaraan pribadi, perjalanan dengan menggunakan kereta api tentunya dapat mengantarkan anda ke kampung halaman dengan waktu yang lebih singkat.

Selain waktu tempuh yang lebih singkat, perjalanan menggunakan kereta api akan lebih menghemat tenaga. Anda hanya perlu duduk di kursi yang tersedia dengan lembar tiket yang sudah anda pegang untuk melakukan perjalanan kembali ke kampung halaman anda. Agar tidak kehabisan tiket, anda dapat memesan tiket pada H-60 dari jadwal keberangkatan kereta api mudik tahun 2019. Pastikan untuk melihat jadwal keberangkatan kereta yang akan anda pesan dengan menggunakan aplikasi online ataupun di loket tiket yang disediakan di stasiun terdekat. Jika terdapat jadwal kereta api tambahan dengan rute kereta api yang anda inginkan, maka anda dapat memesan tiket yang sudah disediakan oleh sistem.

Seperti yang sudah anda ketahui, tiket kereta api untuk mudik lebaran dapat dipesan secara online maupun secara langsung di loket tiket stasiun. Selain kedua metode pemesanan tiket tersebut, anda juga dapat memesan tiket melalui minimarket dan aplikasi pemesanan tiket yang bekerja sama dengan PT KAI. Jika kereta api reguler sudah tidak lagi menyediakan tiket, anda dapat memesan tiket untuk kereta tambahan yang disediakan oleh PT KAI. Biasanya tiket kereta api tambahan akan disediakan untuk kereta api kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Setiap harinya selama musim mudik, akan ada 48 perjalanan kereta api yang dilakukan di setiap stasiun kereta api di Pulau Jawa. Jadwal kereta api tambahan akan disesuaikan dengan rute perjalanan kereta serta armada kereta api yang dioperasikan.

Daftar Harga Tiket Kereta Api Tambahan Mudik Lebaran

Kereta Api Kelas Ekonomi

Nama Kereta Api Rute Perjalanan Harga Tiket
Gaya Baru Malam Selatan Jakarta Yogyakarta – Surabaya Rp 104.000,-
Logawa Purwokerto – Jember Rp 74.000,-
Sritanjung Yogyakarta – Banyuwangi Rp 94.000,-
Pasundan Bandung – Surabaya Rp 94.000,-

Kertajaya Jakarta Semarang – Surabaya Rp 165.000,-
Mataramaja Jakarta – Malang Rp 109.000,-
Tawang Alun Malang – Banyuwangi Rp 62.000,-
Bengawan Jakarta – Yogyakarta – Solo Rp 74.000,-
Progo Jakarta – Yogyakarta Rp 140.000,-
Kutojaya Utara Jakarta – Kutoarjo Rp 125.000,-
Kahuripan Bandung – Kediri Rp 84.000,-
Brantas Jakarta – Semarang – Kediri Rp 84.000,-
Tawang Jaya Jakarta – Tegal – Semarang Rp 140.000,-
Tegal Ekspres Jakarta – Tegal Rp 49.000,-
Maharani Surabaya – Bojonegoro – Semarang Rp 49.000,-
Kutojaya Selatan Bandung – Kuotarjo Rp 62.000,-
Serayu Jakarta – Bandung – Purwokerto Rp 67.000,-
Ambarawa Ekspres Semarang – Surabaya Rp 90.000,-
Rajabasa Kertapati Tanjung Karang Rp 33.000,-
Buser/Bukit Serelo Kertapati Lubuklinggau Rp 33.000,-
Putri Deli Tanjung Balai Medan Rp 28.000,-
Siantar Ekspres Medan Siantar Rp 23.000,-
Probowangi Surabaya Banyuwangi Rp 56.000,-
Probowangi Surabaya Probolinggo Rp 29.000,-

Catatan: Harga tiket dan jadwal keberangkatan tiap kereta api tambahan dapat berubah sesuai dengan situasi di lapangan dan peraturan dari PT KAI.

Leave a Comment